Test Event Asian Games 2018, Ada Rekayasa Lalu Lintas
Artikel- 8 Feb 2018

Test Event Asian Games 2018, Ada Rekayasa Lalu Lintas

Test event Asian Games 2018 berlangsung sejak 8 hingga 15 Februari. Akan ada tiga titik lokasi perhelatan, yakni Kompleks Gelora Bung Karno, Hall ABC Kemayoran, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Pada kesempatan itu, tak cuma kesiapan lokasi tanding yang akan jadi perhatian utama. Arus lalu lintas juga ikut dipantau, agar ketika Asian Games 2018 dilaksanakan tak lagi ditemui kemacetan.

Wajar, mengingat Komite Olimpiade Asia (OCA) mensyaratkan jarak tempuh antara penginapan atlet hingga lokasi tanding tidak lebih dari 35 menit. Dan itu membuat Polda Metro Jaya mempersiapkan diri.

Pada test event Asian Games 2018 nanti, akan dicoba melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Kompleks GBK, Hall ABC Kemayoran, dan TMII. Dinas Perhubungan Pemerintah DKI Jakarta juga akan digandeng.

“Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas di seputar GBK yang menjadi pusat kegiatan Asian Games 2018 Invitation Tournament," ujar Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Eris Herryanto,

Dirlantas Polda Metrojaya, Kombes Pol Halim Pagara, menjelaskan rekayasa lalu lintas yang akan diambil, yakni membatasi pintu masuk untuk menuju akses masuk dan keluar ke atau dari kawasan GBK. Bagi atlet, OCA, ofisial, serta personel yang terakreditasi akan melalui Pintu 7. Sedangkan pintu masuk dan keluar penonton, diarahkan melalui pintu Plaza Barat yang berada di jalan Asia Afrika.

“Untuk itu, jalan Graha Pemuda dan Asia Afrika pada hari Minggu, 11 Februari, sampai hari Selasa, 13 Februari 2018 akan diberlakukan sistem buka-tutup untuk kendaraan umum dan memprioritaskan bagi kendaraan khusus untuk Asian Games 2018 Invitation Tournament," jelas Halim Pagara.

Jalur Trans Jakarta disepakati akan menjadi Asian Games Line sehingga kendaraan dengan stiker Asian Games bisa menggunakan jalur tersebut. Hingga kini masih dikoordinasikan dengan pihak Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol dalam kota untuk menggunakan bahu jalan di jalan tol tersebut sebagai bagian dari Asian Games Line.

Sumber : viva.co.id

Statistik Pengunjung

1387
11278
4
10